Sabtu, 27 Oktober 2012

Siswa SDN 1 Krandegan Latihan Berqurban


Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban sebagai rangkaian dari ibadah perayaan Hari Raya Idul Adha di Banjarnegara nampak cukup semarak menyusul banyaknya hewan qurban yang disembelih untuk kemudian di bagi-bagikan kepada yang berhak.

Dari pantauan penulis, proses penyembelihan hewan qurban rata-rata diselenggarakan selama dua hari, yaitu Jum’at 26 Oktober dan Sabtu 27 Oktober 2012, mengingat jika dilaksanakan pada hari Jum’at penyembelihan hewan qurban tidak bisa maksimal karena terpotong adanya ibadah sholat Jum’at.
Qurban, dalam bahasa Arab artinya dekat, sedangkan ibadah qurban artinya menyembelih hewan sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, SWT. Ibadah qurban disebut “Udziyah” artinya hewan yang disembelih sebagai qurban.
Untuk melatih anak-anak tentang keutamaan ibadah qurban, SD Negeri 1 Krandegan pagi tadi (Sabtu 27 Oktober 2012) menyelenggarakan riual peribadatan penyembelihan hewan qurban berupa sapi sebanyak 2 ekor yang berlangsung di halaman sekolah tersebut.
Kepala SD Negeri 1 Krandegan, Banjarnegara Sujadi, S.Pd. MM. mengatakan, dana yang digunakan untuk membeli sapi berasal dari dana infaq keluarga besar SDN 1 Krandegan sebanyak Rp 12 juta. Ayo anak-anakku semua kita berkumpul membaca Taqbir dan Sholawat serta berdo’a niat yang tulus untuk berqurban, ucap Sujadi, S.Pd. MM mengawali ritual peribadatan itu.
Sementara itu Gunadi, S.Ag selaku ketua penitia qurban SD Negeri 1 Krandegan mengatakan, daging qurban tersebut selanjutnya dibagi-bagikan kepada yang berhak seperti siswa yang kurang mampu, kemudian siswa di SDN 1 Ampelsari, SDN 2 Semarang, SDN 10 Krandegan, SDM Argasoka, panti asuhan, pedagang serta tukang becak di sekitar SD Negeri 1 Krandegan. (s.bag).

Tidak ada komentar: