Bapak Ibu Guru bingung menjabarkan materi
kisi-kisi UKG? Banyak permasalahan yang dihadapi tentunya, ada yang tidak
memiliki buku, ada juga yang sudah lupa materi-materi yang akan diujikan.
Berikut ini contoh untuk memudahkan Bapak Ibu sebagai bahan bacaan, atau
sekedar untuk persiapan dalam menghadapi UKG yang sebentar lagi akan
dilaksanaan. Di sini akan kami jabarkan dari Standar Kompetensi Kisi-Kisi UKG.
Selamat membaca.
1. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia
yang mendukung pembelajaran bahasa Indonesia SD/MI.
1.1. Memilih, menata, dan merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD
berdasarkan pemahaman tentang bagaimana siswa belajar bahasa Indonesia
1.1.1. Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD
Ross dan Roe (Zuchdi dan Budiasih, 1997) membagi
fase/tahap perkembangan bahasa anak seperti berikut.
PERKIRAAN
UMUR
|
TAHAP
PERKEMBANGAN BAHASA
|
KEMAMPUAN
ANAK
|
Lahir sampai 2 tahun
|
Fase Fonologis
|
Anak bermain dengan
bunyi-bunyi bahasa mulai mengoceh sampai menyebutkan kata-kata sederhana.
|
2 -7 tahun
|
Fase Sintaktik
|
Anak menunjukkan
kesadaran gramatis, berbicara menggunakan kalimat
|
7 – 11 tahun
|
Fase Semantik
|
Anak dapat
membedakan kata sebagai simbol dan konsep yang terkandung dalam kata
|
Perkembangan membaca terjadi atas beberapa fase, yaitu
sebagai berikut.
Fase kesatu, kelas I dan kelas II, anak usia 7 dan 8
tahun, sudah dapat membaca lancar dalam cerita sederhana. Mereka sudah mengenal
huruf, suku kata, dan kata untuk keperluan
membaca tersebut.
Fase kedua, kelas III dan kelas IV, anak sudah dapat
menganalisis kata yang tidak
diketahuinya menggunakan pola tulisan dan kesimpulan
yang didasarkan konteksnya
Fase ketiga, kelas IV sampai SLTP, pembelajaran
membaca sudah meningkat bukan lagi
pengenalan tulisan, melainkan sudah pada tingkat
pemahaman bahan bacaan. (Owens dalam Zuchdi, 1996/1997:20—21).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar