Senin, 08 April 2013

SDN 4 Krandegan Mewakili Kab. Banjarnegara Mengikuti Lomba Perpustakaan Tingkat Karesidenan Banyumas

Perpustakaan SD Negeri 4 Krandegan, UPT. Didikpora Kecamatan Banjarnegara siang tadi (8 April 2013) dinilai oleh tim lomba Tingkat Karesidenan Banyumas mewakili Kabupaten Banjarnegara.

Tim yang diketuai oleh Bambang Kuswanto, diterima oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara, Kepala UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara Trisno, S.Pd. M.Pd, Pengawas TK/SD Sumaryo, S.Pd. M.Pd dan para kepala SD se UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara.
Kepala UPT. Dindikpora Kecamatan Banjarnegara Trisno, S.Pd. M.Pd dalam sambutan penerimaannya mengatakan, Perpustakaan SD Negeri 4 Krandegan yang didirikan tahun 2010 memang sudah ditangani secara professional, sehingga sudah memenuhi syarat untuk diikut sertakan dalam lomba perpustakaan di tingkat Karesidenan Banyumas,
Dengan adanya penilaian ini, akan memberikan dampak positif bagi perkembangan Perpustakaan khususnya di SDN 4 Krandegan, karena akan meningkatkan minat baca bagi para siswa. Kebiasaan membaca buku-buku ilmu pengetahuan di perpustakaan, diyakini akan bermanfaat dalam peningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa, ujar Trisno, S.Pd. M/.Pd.
Sementara itu Ketua Tim Penilai Bambang Kuswanto dalam sambutannya mengatakan, lomba yang diselenggarakan rutin setiap tahun oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, adalah dalam rangka pelaksanaan pengembangan budaya baca, sekaligus untuk meningkatkan peran dan kualitas pengelola perpustakaan sekolah.
Dengan adanya lomba perpustakaan, maka semua siswa diharapkan untuk membiasakan membaca buku sebagai dasar ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kelangsungan proses belajar, kata Bambang Kuswanto. Adapun aspek yang dinilai antara lain penertiban katalogisasi, ketatausahaan perpustakaan, hingga masalah pengelolaan perpustakaan bagi peningkatan kualitas pembelajaran.
Kepala SD Negeri 4 Krandegan Achmadun, S.Pd. dalam kesempatan itu menjelaskan sejarah singkat berdirinya perpustakaan itu, yakni tahun 2010, dengan jumlah buku yang dimiliki waktu itu adalah sebanyak 6.684 expl dan terakhir jumlah bukunya sudah mencapai 12.594 expl.
Koleksi buku tersebut melikputi karya umum, psikologi/filsafat, agama, sosial, bahasa, ilmu murni, ilmu terapan/teknologi, kesenian dan olahraga, kesusastraan, sejarah, biografi serta geografis. (s.bag)

Tidak ada komentar: