Rabu, 07 Maret 2012

Popda Tingkat Kabupaten Banjarnegara Tahun 2012

Sebanyak 3622 atlet  pelajar SD, MI, SMP/MTs serta SMA, SMK dan MA meramaikan dan bersaing di pekan olah raga pelajar daerah tingkat Kabupaten selama 4 hari . Pembukaan Popda 2012 dibuka oleh Bupati Banjarnegara Selasa (6/3) di alun-alun Banjarnegara yang ditandai dengan pemukulan gong serta pelepasan balon. Sebelumnya acara di dahului dengan devile yang diikuti oleh 20 kontingan kecamatan di Banjarnegara dan dipimpin oleh camat masing-masing.

Untuk tingkatan SD/MI ada 10 cabang olah raga yang di pertandingan yaitu Kids Atletik, Tenis Mena, Bulu Tangkis, renang, Catur, Bridge, Bola Voli Mini,sepak takraw, Karate dan pencak silat. Sementara  untuk SMP /MTs, SMA/SMK/MA ada8 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Atletik, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Renang, Bola Voli, Bola Basket, Sepak Takraw, Pencak Silat.

Ada 3 cabang olah raga yang dipertandingkan secara mandiri yaitu sepak bola, tenis lapangan dan senam, semua lomba cabang olah raga dilakukan gedung olah raga yang representative seperti alun-alun, Stadion Sumitro Kolopaking, Gedung Pemuda, Kolam Renang Selomanik, Lapangan Tenis Pemda, Lapangan Basket Pemda, Gedung Korpri, Gedung Koperasi Perguba dan Gedung PGRI,” kata Supriyadi Ketua  Panitia Kegiatan.

Popda tahun 2012 dimaksudkan untuk mengukur pembinaan prestasi olah raga pelajar, serta memotivasi dan mengoptyimalkan pengembangan potensi atlit pelajar daerah serta media seleksi olah raga pelajar.
“Juara dalam setiap cabang nantinya akan mewakili Banjarnegara pada pekan olah raga tingkat karesidenan dan Popda tingkat Propinsi, kegiatan ini juga sekaligus sebagai evaluasi dari hasil pembinaan olah raga pelajar di sekolah dan kecamatan se kabupaten Banjarnegara,” lanjutnya.

Bupati Sutedjo pada kesempatan tersebut mengatakan popda telah melahirkan atlit bola voli  seperti panggih nugrahaeni dari SMAN 1 Karangkobar yang saat ini menghhuni pelatnas voli yunior, dari cabang
renang muncul nama margaretha Kreta Pradani, di cabang Tinju ada nama Chris John.

“Semua atlet tersebut merupakan asset olah raga yang ternilai dan harus dipertahankan dan ditingkatkan pada masa mendatang dengan melakukan pembinaan sejak usia dini,” kata Sutedjo. Lebih lanjut Sutedjo meminta kepada semua atlit untuk menunjukan kemampuan terbaiknya  dengan semangat juang tinggi , disilplin namun tetap menjunjung tinggi nilai sportifitas.

“Apabila berhasil menjadi yang terbaik di Banjarnegara otomatis kalian akan mewakili Banjarnegara ke tingkat Karesidenan dan Provinsi Jawa Tengah.  Jadikan Popda Kabupaten ini sebagai barometer latihan kalian, jika menjadi yang terbaik tetaplah berlatih karena perjuangan semakin berat jika bertanding di level yang lebih tinggi,” lanjut Sutedjo.
 
Pada Popda tahun 2011 lalu Prestasi Kabupaten Banjarnegara untuk tingkat SD berada di peringkat 19, namun untuk tingkat SMP selama 2 tahun Banjarnegara mendapatkan juara umum 3 Jawa Tengah dengan perolehan 10 emas, 9 perak dan 4 perunggu, sedangkan di tingkat SMA Banjarnegara berada di peringkat 9 dengan perolehan 20 medali emas, 12 perak, dan 8 perunggu. “Kami berharap ada peningkatan peringkat pada Popd tahun ini baik di tingkat SD, SMP maupun SMA,” harap Sutedjo.

Sumber:  http://www.jatengprov.go.id/?document_srl=26175

Tidak ada komentar: